Rabu, 27 Mac 2013

Cara Install/Membuat Hiren Boot CD (HBCD) 15.0 Ke Flashdisk di Windows Read more: http://komputerkampus.com/artikel-18/cara-installmembuat-hiren-boot-cd-hbcd-150-ke-flashdisk-di-windows/#ixzz2OhSv8yXu

Kali ini saya akan posting satu artikel lagi, artikel mengenai tool rahasia para teknisi komputer yang sangat berguna untuk keperluan backup data, check bad sector harddisk, crack password account user Windows, fix NTLDR, recovery data, partisi harddisk, test harddisk, antivirus scan, dan lain-lain hanya dalam satu tool yaitu Hiren Boot CD (HBCD), sesuai judul di atas, kita akan belajar install/membuat Hiren Boot CD kedalam flashdisk, dengan menggunakan operating system windows, baik windows xp, vista maupun 7. dalam uji coba kita kali ini saya menggunakan Hiren Boot CD 15.0, walaupun versi terbaru Hiren Boot CD saat ini adalah HBCD 15.1 (soalnya belum di download). untuk liat-liat aplikasi yang tersedia di Hiren dan lain sebagainya anda bisa buka postingan sebelumnya disini. baik, kita langsung ke tahap installasinya.
Pertama-tama bagi anda yang belum punya Hiren Boot CD silahkan download disini. kemudian download juga USBFormat disini. dan Grub4Dos disini. Setelah anda download semua toosnya, kemudian siapkan Flashdisk minimal 1 Gb atau Lebih dan ikti langkah-langkah berikut.
Jalankan Tool USB_Format.exe pada USB_Format yang telah anda downlod tadi, kemudian akan tampil tampilan sebagai berikut :

Pilih Device dengan alamat USB Flashdisk anda, contoh di komputer saya adalah "Drive F", kemudian pilih File System dengan "FAT 32" dan setelah itu klik "Start". akan tampil jendela peringatan apakah yakin akan memformat, klik saja "Yes" jika data di flashdisk anda sudah di backup (karena akan di format). kemudian akan tampil proses format seperti gambar berikut :

Setelah selesai akan tampil pesan dari USBFormat bahwa Flashdisk anda sukses di format dan keterangan lainnya, Klik saja "Ok" kemudian pilih "Close". sampai disini anda telah sukses untuk memformat Flasdisk anda.
Selanjutnya jalankan lagi Tool Grubinst_gui.exe pada Grub4Dos yang telah di download juga, kemudian akan tampil seperti gambar berikut :

Pilih "Disk" kemudian klik "Refresh" dan pilih USB Flashdisk yang akan di install Grubnya. kemudian klik "Refresh" lagi pada bagian ketiga. dan setelah itu pilih "Whole Disk (MBR)" pada option ketiga. terakhir klik "Install" maka akan tampil pesan dos dengan hasil sebagai berikut :

setelah sukses tekan tombol "Enter" untuk keluar,sampai disini anda telah sukses untuk memformat flashdisk agar dapat dijadikan media bootable (booting melalui flashdisk).
Langkah selanjutnya Mount atau Extract File Hiren Boot CD copykan semua file Hiren Boot CD 15.0 nya ke Flashdisk anda. setelah selesai, kemudian masuk ke direktori HBCD dan copykan file "gldr", "menu.lst" dan "menu-custom.lst" lagi ke direktori utama USB Flashdisk anda.
Untuk uji coba, silahkan restart komputer anda dan booting dari flashdisk anda, jika sukses maka akan tampil menu sebagai berikut:

Pilih "Mini Windows Xp" untuk membuka mini windows xp. dan hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini :

semoga membantu.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan